Desa Talabiu VS Desa Padolo Resmi Damai, Ini Tanda Tangan Kesepakatannya





Jurnal Bima, 6 Juli 2020


Pada hari senin tanggal 06 Juni 2020 sekitar pukul wita ,Bertempat di Mushollah Kantor polres Bima Desa panda kecamatan palibelo kabupaten Bima ,Telah berlangsung acara pertemuan dalam rangka ISLAH sekaligus penanda tanganan surat pernyataan Islah kedua desa .


Hadir :
- Bupati Bima ,Hj.Indah Damayanti Putri SE .
-Wakil Bupati Bima ,Drs,Dahlan Hm.Noor
-Kapolres Bima,AKBP GUNAWAN TRY HATMOYO, S.I.K
- Dandim  1608 Bima  ,letkol infantri Tengku kamal
- Kadis Bakesbangpol ,Edy Tarunawan SH .
-Camat woha,Irfan dj SH
-Camat palibelo,Drs.Darwis  .
- Sekcam woha ,Amiruddin hi S.sos .
- Danramil woha ,Kapten kav Sukahar .
- Kapolsek woha ,Iptu Edy Prayitno 
- Kades talabiu ,Ahmad
- Kades Padolo ,Lukman Sp .
- Babinkamtibmas Talabiu ,
- Para aparat desa Talabiu
- Para aparat desa Padolo
- Unsur Bpd Talabiu
- Unsur Bpd Padolo
- Toko agama,tokoh pemuda kedua desa .

Rangkaian Kegiatan :
1.pukul 10.17 wita ,acara di mulai yang di awali Do.a Ustad H.muhammad Sp .

2.Sambutan Kapolres Bima yang intinya :
a).kita semua hadir dalam rangka islah kedua desa yaitu talabiu dan padolo dan kami berharap dan kita rajut kembali hubungan kekeluargaan yang telah terjalin selama ini untuk kedua desa .
b). kami akan terus memberikan rasa aman kepada semua masyarakat dan perlu kebersamaan kita semua dalam hal ini ,dan agar nantinya situasi secara umum kondusif tentu ini tergantung kita semua yang akan menciptakannya  .
c).Semoga pertemuan ini akan membawa berkah bahwa kita semua bersaudara ,kita satu keluarga secara umum warga kabupaten bima ,
Saya berharap di rumah Allah ini pertemuan kita akan menjadi saksi dan Allah akan melihat apa yg menjadi niat baik kita semua hari ini ,dan semoga masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya seperti biasanya lancar kondusif .

3.Penyampaian Dandim yang intinya :
a).di tempat ini kita melaksanakan kegiatan sebuah hajat bersama yaitu islah dan sisa waktu kita semua mari kita isi dengn segala sesuatu yang baik .
b).pada bulan puasa Allah telah menurunkan alquran sebagai petunjuk bagi seluruh umat,Kitab adalah sebuah petunjuk pedoman hidup ,mari kita jalankan kehidupan ini berdasarkan pedoman alquran dan hadist ,hendaklah ada sesuatu kelompok yang memanggil untuk kebaikan , maka hidup kita di dunia akan bahagia begitu juga di akhirat dan Allah berfirman wa'atiullah dan waatiurrasuul .
c).Apa yang kita laksanakan hari ini adalah Islah dan mudah2 hari ini kita mendapat rahmat dari Allah ,dan masalah ini semoga menjadi yang pertama dan terahir karna dalam sebuah masalah menang jadi arang dan kalah jadi abu .
d).Hidup tentram damai,itulah anjuran yang harus kita jalankan semua ,kita saling menjaga dan  menghormati , kita berharap semua desa bisa menjalankan hubungan dengan baik .
e).Hari ini semoga menjadi sejarah untuk kita semua dalam sebuah islah, .

4.penyampaian wakil Bupati Bima yang intinya :
a).pada pagi hari ini kita hadir dalam rangka Islah atau perdamaian antara  desa talabiu dan padolo yang sempat terjadi konflik kedua desa ini antara Talabiu dan padolo adalah kultur leluhurnya tidak bisa di pisahkan tetapi itulah hidup tidak kita sangka apa yang terjadi ,dan dengan kejadian itu saya berharap agar tidak terulang lagi karna yang paling bersedih dalam hal ini adalah keluarga kedua desa itu ,walaupun tidak gampang di lupakan kejadian tsb namun hari ini kita akhiri agar tidak terulang lagi di sepanjang massa .
b).Kita sebagai manusia yang punya hati pasti tidak menginginkan hal itu terjadi dan atas nama pemerintah saya harap kepada kedua camat dan kades untuk mendampingi segala bentuk proses pemulihan .
c).adapun kerusakan2 yg di akibtkan kejadian bahsa besko harus turun tim untuk evaluasi kerusakn2 yg terjadi dan pemerintah akan memberikan bantuan sesuai kerusakan yng terjadi ,setelah itu kami akan melakukan proses administrasi besar nominal sesuai kriteria kerusakan dan kades talabiu dan padolo agar bisa mendampingi TIM dan terkait kejadian ini adalah kurangnya komunikasi .
d).Kami akan mengusulkan ke pemerintah propinsi dan pusat agar semua mendapatkan bantuan seperti terjadi di desa karampi kecamatan langgudu .
e).atas nama pemerintah kabupaten Bima saya gembira dengan adanya Islah yang di lakukan kedua desa yang di koordinir polres bima hari ini dan Kepada kedua desa .

f).atas nama pemerintah pribadi dan keluarga setelah tanda tangan surat islah hari ini mari kita kembali seperti dulu ,apabila terjadi hal-hal memprovokasi masyarakat pada mediasosial mupun lainnya agar kiranya melaporkan  secara hukum ke pihak kepolisian dan jangn sampai terjadi main hakim sendiri .

5.Sambutan Bupati Bima yang intinya :
a).saya melengkapi apa yang telah di sampaikan oleh wakil bupati Bima barusan dan dalam islah ini bukan saja di jadikan acara seremonial dan tetapi perlu di jalankan sepenuh hati dan selanjutnya mari kita kedepankan nilai-nilai agama dan jangan saling membenci satu sama lainnya .
b).Semoga ujian yang telah di lalui menjadi pelajaran kita semua dan begitu berat aparat TNI dan Polri dalam melaksaknakan tugasnya guna menciptakan suasana normal dan kondusif setelah adanya kejadian yang menimpa kedua desa .
c).Saya berharap agar kedua desa bisaengadakan kegiatan di antaranya mengisi majelis taklim dan lainnya karna harga hubungan keluarga sangatlah mahal .
d).Tidak ada artinya tanda tangan islah tanpa ada rasa saling memaafkan antara satu sama lain,maka saya berharap mari bergandengan tangan krna kedua desa adalah satu rumpun yang tidak bisa terpisahkan .
e).Kepada kabag kesra setelah menerima data kerusakan agar segera proses dan serahkan kepada keluarga di padolo
Salam takzim kami untuk keluarga talabiu dan padolo .

6.pembacaan surat islah kesepakatan bersama oleh Kadis bakesbngpol yang isinya :

PERNYATAAN ISLAH (DAMAI) MASYARAKAT TALABIU - PADOLO .
Bismillahirrahmanirrahim
Allah Subhanahuwata'ala serta segenap hadirin menjadi saksi, bahwa, terkait dengan terjadinya konflik (19 - 20 Juni 2020), kami masyarakat Desa
Talabiu Kecamatan Woha dan Desa Padolo Kecamatan Palibelo Kabupaten
Bima menyatakan Islah (Damai) dan mengangkat ikrar bersama sebagai
berikut :
(1). Bahwa kami sepakat secara utuh untuk saling maaf memaafkan, merekatkan
ukhuwah, menjalin silaturrahmi, menjaga dan memelihara keamanan dan
ketertiban serta pada waktu-waktu selanjutnya tidak melakukan hal-hal yang
menimbulkan perpecahan antar kami .
(2). Senantiasa menghidupkan budaya kebersamaan, saling menghargai, tolong menolong, tidak bertindak dan main hakim sendiri, menyelesaikan
setiap permasalahan yang timbul dengan mengedepankan musyawarah
mufakat .
(3). Apabila dikemudian hari terjadi ujaran dan atau tindakan yang provokatif
maka proses penyelesaiannya diserahkan secara utuh kepada pihak berwenang dalam rangka penegakkan supremasi hukum .

Demikian kesepakatan kami untuk dipatuhi dan di laksanakan dengan penuh
rasa tanggung jawab.

7.Penanda tanganan pernyataan bersama  yang di awali oleh kades kedua desa ,BPD ,perwakilan aparat desa,tokoh masyarakat,tokoh pemuda dan di ketahui oleh Bupati ,wakil bupati , kapolres ,dandim Bima .

8.penyampaian kakak kandung korban  sdr,Sarjan :
a).dengan adanya  acara Islah hari ini saya berharap semua jajaran pemerintah sebagai orang islam kita dorong bima Ramah ,dan perdamaian ini jangan kita sia-siakan dan mudah saja dalam hal ini jangan ada dusta di antara kita .
b).kami sebagai keluarga damai adalah harga mati dan saya mendorong bima ramah dan saya berharap apabila warga padolo senyum maka kami talabiu juga senyum  dan ijinkan kami sebagai pihak korban pembunuhan mengawal proses supermasi hukum yang berjalan dalam hal ini dalam penanganan Kapolres Bima  .
c).Siapa lagi yang akan mengurus BIMA kalau bukan kita .

9.penyerahan pernyataan kepada kedua kepala desa yang di dampingi kedua camat oleh Bupati bima .

10. Sesi foto bersama seluruh undangan yang hadir .

11.Pukul 11.25 wita ,Seluruh Rangkaian acara selesai dalam keadaan aman lancar .



Kegiatan islah di lakukan guna menyelesaikn masalah yang terjadi pada kedua desa agar masyarakt bisa melakukan kegiatan keseharian dengn bebas dan aman .


( Dan )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Viral..! Gubenur NTB Kunker Di Donggo Bima Nginap Di Mesjid Marbot Menangis Terharu

Kabiro Humas NTB: Gubenur NTB Sholat ID Di Bima, Kunker 30 Sampai 31 Juli

KKN STKIP Tamsis Posko Rabakodo Gelar Jumat Bersih, Ini Kegiatanya.!